Puncak sampai saat ini masih menjadi salah satu favorit wisata warga Jakarta. Bisa dibilang, puncak menjadi weekend getaway masyarakat ibu kota. Lokasinya tidak terlalu jauh sekaligus pilihan wisata di puncak banyak sekali. Selain itu, deretan villa puncak bisa menjadi pilihan untuk menginap dengan panorama dan suasananya sudah tidak perlu diragukan lagi tentunya.

5 Wisata Alam di Puncak Bogor yang Aman Dikunjungi saat Pandemi

Jika ingin menghabiskan waktu liburan di puncak, ada banyak destinasi wisata alam yang aman untuk dikunjungi saat pandemi. Tidak hanya asri dan pemandangannya menawan, namun menerapkan protokol kesehatan yang baik. Inilah deretan wisata alam rekomendasinya.

  1. Taman Safari Cisarua Bogor

Bagi yang berwisata bersama dengan keluarga, Taman Safari Bogor merupakan pilihan yang sangat tepat. Ada banyak sekali hal menarik yang ditawarkan di sini. Anak-anak bisa mengenal berbagai hewan secara langsung. Orang dewasa pun juga akan senang melihat berbagai interaksi hewan sepaket dengan tingkah lucunya.

Suasana di sekitaran Taman Safari Cisarua Bogor juga begitu menyejukkan, sehingga kamu akan betah berlama-lama. Dalam hal penerapan protokol kesehatan, tempat wisata alam satu ini bisa dibilang cukup ketat. Salah satunya adalah pengunjung yang datang ke tempat ini harus menunjukkan hasil rapid test antigen.

Saat PPKM Darurat, Taman Safari Cisarua ini juga menerapkan berbagai peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Jadi, para pengunjung juga akan lebih aman jalan-jalan meski saat pandemi. Alamatnya berada di jl. Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Cisarua, Bogor.

Bagi yang ingin staycation di sekitaran Taman Safari, tenang saja banyak sekali pilihan villa yang bisa dijadikan tempat menginap. Ingin informasi villa yang dekat dengan Taman Safari, kamu bisa mencari informasi lebih lengkapnya di Traveloka.

  1. Curug Cipamingkis

Berada di Desa Wargajaya, Bogor, Jawa Barat, tempat wisata ini juga menerapkan protokol kesehatan yang baik. Salah satu yang ditekankan adalah menerapkan aturan 3M dengan baik. Pengunjung yang datang ke tempat ini juga dikurangi kapasitasnya, sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

Ada banyak hal yang bisa kamu nikmati di tempat ini. Menikmati berbagai pemandangan asri, berfoto di spot selfie, sampai dengan berenang. Tempat ini menjadi lokasi yang sangat tepat dikunjungi untuk menghilangkan penat dari berbagai himpitan pekerjaan atau kehidupan.

Selain itu, harga tiket di tempat ini juga cukup terjangkau. Kisaran Rp 35 ribu sampai Rp 45 ribu. Meski ini menuju ke alam terbuka jangan khawatir ya, akses transportasi ke sini sudah sangat gampang. Bisa dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

  1. Taman Bunga Nusantara

Sementara bagi kamu yang suka dengan berbagai warna warni bunga, Taman Bunga Nusantara bisa dijelajahi. Wisata ini berada di Desa Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur. Disebut juga dengan Taman Bunga Puncak, banyak sekali berbagai jenis tanaman atau bunga di tempat ini. Mulai dari yang lokal sampai dengan impor.

Selain bunga, tempat ini juga menyuguhkan beragam daya tarik wisata. Misalnya saja Air Mancur Musikal, Candi Bentar, Patung Dewa Umat Hindu, Jam Taman Raksasa, Taman Khusus, sampai dengan Rumah Kaca Bergaya Belanda. Selain panoramanya yang jelita, suasana di tempat ini sangat sejuk, jadi berkunjung saat siang pun tetap akan nyaman.

Dalam hal penerapan protokol kesehatan, tempat wisata yang mulai dirintis tahun 1992 ini cukup baik. Para pengunjung yang datang diharuskan mengenakan masker. Selain itu, akan dicek suhu di pintu masuk. Bahkan pihak pengelola sudah berkomitmen, jika ada pengunjung bandel yang enggan untuk mengenakan masker, dipersilahkan untuk pulang.

  1. Telaga Saat Bogor

Lokasi alam lain yang eksotik dan menarik sekali untuk dikunjungi adalah Telaga Saat Bogor. Alamat lengkapnya berada di Desa Tugu Utara, Cisarua, Bogor. Panorama yang ditawarkan di tempat ini begitu memesona, penuh dengan alam hijau dan air telaga yang jernih.

Suasana akan semakin syahdu saat kabut turun di sore hari. Tidak sedikit wisatawan datang ke sini untuk mengabadikan momen-momen. Bagi yang ingin berkeliling di telaga, ada kapal kecil berkapasitas paling banyak 6 orang yang bisa disewa. Selain itu, ada juga spot-spot foto menarik untuk dibidik.

Di musim pandemi corona seperti sekarang ini, Telaga Saat Bogor juga menerapkan protokol kesehatan. Jadi bisa dibilang ini merupakan lokasi yang cukup aman untuk jelajah. Protokol kesehatan yang diterapkan antara lain pengecekan suhu, pembatasan jumlah pengunjung, wajib menggunakan masker, sampai dengan penyemprotan desinfektan yang rutin oleh pihak pengelola wisata.

  1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Bagi yang gemar mendaki, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango aman dikunjungi. Pihak pengelola memutuskan membuka kuota pendakian sebesar 25 persen, jadi pengunjungnya dibatasi. Pendaki diwajibkan menerapkan berbagai protokol kesehatan Covid-19. Selain itu juga membawa Surat Keterangan Sehat, tidak menunjukkan gejala batuk, panas tinggi, sampai dengan sesak nafas.

Alamat gunung ini berada di Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Cianjur Jawa Barat. Jika ingin mendaki persiapkan semuanya dengan baik. Termasuk juga dengan kondisi fisik yang prima supaya bisa selamat sampai pulang ke rumah lagi.

Itu dia 5 wisata alam di Puncak yang aman dikunjungi saat pandemi. Ingat sebelum berangkat selalu cari update terbaru persyaratan untuk berkunjung ke tempat wisata. Misalnya saja seperti wajib membawa keterangan sudah vaksin. Karena setiap waktunya, peraturan bisa berubah menyesuaikan.

13 COMMENTS

  1. Waah..rasa rindu piknik jadi semakin menyeruak setelah membaca post ini. Pengeeeen langsung bisa mendatangi tempat2 indah itu satu persatu..

  2. Wah, banyak tempat wisata menarik nih di Bogor. Setuju banget nih kalau akan piknik atau traveling ya ada baiknya vaskin terlebih dahulu karena surat bukti sudah vaksin menjadi syarat wajib untuk ke luar kota atau luar daerah.

  3. Semoga setelah oandemi saya berkesampatan dan punya rejeki untuk jalan jalan dibogor. sunggu Bogor ada salah satu tempar tujuan saya untuk wisata Alam

  4. Udah kangen jalan2 tanpa khawatir nih Mba.. Pengen ke taman bunga nusantara atau maen di taman safari.. Uuhh ngebayanginnya aja udah seru banget

  5. Wah aku kangen jalan-jalan ke Bogor sudah lama ga ke sana jadi pengen main lagi ke Taman Safari dan Taman Bunganya serta Kebun Raya Bogor juga hehe….

  6. Wisata Bogor bagus-bagus, tapi main saya masih seputaran stasiun dan Kebun Raya. Itua aja sudah senang karena banyak penjual tahu gejrot sama asinan. Ingin ngunjungi destinasi alam, lihat foto-foto Telaga Saat, Gunung Gede dan lain-lain bagus banget

  7. kalau anak-anak dibawa ke Taman Safari Cisarua Bogor kayaknya bakalan heboh nih, karena bisa lihat berbagai jenis satwa dan tingkah lucunya ya, semoga suatu hari nanti bisa ke Bogor lagi karena dulu pernah mampir Bogor tapi cuma ke IPB doang kebetulan perginya bareng dosenku waktu itu 😀

  8. Belum pernah ke Bogor tetapi makin pengen kesana karena baca ulasan di sini
    Dulu waktu kecil saya tahunya Bogor itu tempat kuliah paman saya
    Dan selalu diceritakan bagaimana keindahan kota tersebut
    Jadinya saya tahu Bogor dari pengalaman cerita saja
    Dan sampai sekarang belum pernah lihat dengan nyata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here